Latest News and Artikel

Masjid Syekh Zayed: Landmark Termegah dan Terbaik Dunia

Masjid Syekh Zayed disebut-sebut sebagai salah satu landmark terbaik dan termegah di dunia. Bahkan masjid agung ini masuk dalam 25 besar landmark terindah dunia. Jika dilihat dari kejauhan, bangunan tempat ibadah para muslim muslimah Uni Emirat Arab ini tampak kebiruan berhiaskan kemilau warna emas. Perpendaran kedua warna tersebut semakin memperjelas bangunan tiang menara yang menjulang tinggi dan kubah-kubah megah nan menawan. Kemegahan masjid tampak semakin kuat saat hari menjelang gelap. Saat itulah warna biru seolah memancar menerangi bagian terluar bangunan masjid. Sedang di siang hari, bangunan masjid tampak putih bersih saja. Penggunaan warna putih konon katanya adalah warna kesukaan Syekh Zayed bin Sultan Al-Nahyan yang tak lain adalah tokoh nasional di Uni Emirab Arab.
Dilansir dari situs resmi Masjid Syekh Zayed, bangunan masjid agung ini memiliki gaya arsitektur kombinasi antara seni yang berkembang pada masa Fatimiyah dan Dinasti Mamluk. Kemudian dilihat dari bentuk fisik bangunan, Masjid Syekh Zayed memiliki empat unit menara dengan tinggi masing-masing 115 meter. Menara berada di setiap sudut bangunan masjid dan berbentuk menara dengan gaya seni Mamluk. Di dalam menara, terdapat tiga buah ruangan. Dasar masjid berbentuk persegi dan bagian lainnya dibentuk persegi delapan (oktagonal) dan bulat. Untuk bagian atas, bentuk bundar diaplikasikan sebagai bentuk balkon. Yang menarik dari balkon masjid ini adalah adanya tiang-tiang yang berderet indah mengitari bentuk.
Masjid Syekh Zayed diperindah dengan 82 unit kubah dan kubah-kubah ini memiliki bentuk seperti bentuk bawang dengan hiasan bulan-sabit di bagian teratas kubah. Dan tahukah Anda berapa ukuran kubah-kubah ini? Diameter kubah utama selebar 32,8 meter dan tinggi 55 meter (diukur dari bagian dalam kubah masjid) dan tinggi 85 meter (diukur dari luar).
Bagaimana dengan eksterior masjid? Secara umum, eksterior masjid terlihat sederhana namun megah. Bagian luar masjid didukung dengan area pelataran yang sangat luas. Bangunan utama masjid dihiasi dengan sebuah pintu utama dan dua buah pintu tambahan yang ukurannya lebih kecil bila dibandingkan dengan pintu utama. Kedua pintu tambahan ini dibuat mengapit di sisi kanan dan kiri pintu utama. Kehadiran pintu-pintu lainnya yang berjumlah puluhan juga turut memperindah sisi pinggir masjid. Dan semua pintu, baik pintu utama maupun puluhan pintu kecil, dibuat dengan bentuk menyerupai mimbar masjid, yaitu lengkung di bagian atas pintu.
Bagi Anda yang penasaran dengan masjid indah ini, Anda sebenarnya dapat melihat keindahan masjid saat siang hari, meski memang tak seindah tampilan masjid ketika hari menjelang gelap. Meski hanya berupa bangunan dengan dominan warna putih tulang, ketika dipadukan dengan background langit biru, pastinya keindahan Masjid Syekh Zayedini tak ada tandinganya. Daripada penasaran terus, tak ada salahnya kunjungi sekaligus merasakan nikmat ibadah di salah satu landmark terbaik dan termegah di dunia ini.

Penulis : Admin Mustaka(iberlina)

» Thanks for reading: Masjid Syekh Zayed: Landmark Termegah dan Terbaik Dunia