Latest News and Artikel

Masjid An-Nurumi,Kremlin-nya Yogyakarta

Adalah salah satu masjid unik yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di Jalan Solo km 15, Sleman, Yogyakarta. Sekilas masjid ini memang mirip sekali dengan salah satu landmark di negara Rusia, yaitu Kremlin. Tak heran jika sebagian besar masyarakat Jogja menamainya Masjid Kremlin.
Bangunan nyentrik yang juga banyak dikira sebagai tempat bermain itu adalah Masjid An Nurumi, sebuah masjid unik dengan kubah yang tidak biasa. Berbeda dengan kubah masjid pada umumnya yang berbentuk parabola, masjid ini memiliki kubah tinggi dengan bentuk seperti bawang merah yang dicat warna-warni.Masjid An Nurumi tidak memiliki menara khusus, kubahnya yang menjulang tinggi itulah yang sekaligus berguna sebagai menara.
Selain itu Masjid ini juga dijuluki masjid permen karena kubahnya yang warna-warni. Ternyata keunikan pada bangunan masjid ini tak hanya dapat dijumpai di bagian eksteriornya saja, melainkan juga di menara masjid yang dihiasi dengan karya seni kaligrafi yang sangat indah, di bagian dalamnya terdapat tulisan kaligrafi Al Qur’an di sepanjang rongga bagian dalam kubah dengan cat warna terang .

Hanya saja masjid yang diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2007 ini tidak memiliki ruangan yang luas, Walaupun begitu ia telah banyak berjasa memberikan keteduhan bagi para pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan


Penulis: Admin Mustaka (iberlin)

» Thanks for reading: Masjid An-Nurumi,Kremlin-nya Yogyakarta