Latest News and Artikel

Burj Khalifa Dubai: Bunga Hymenicallis Di Tanah Arab



Menara ini adalah representasi kemajuan Uni Emirate Arab saat ini. Menara setinggi 160 tersebut diresmkian pada 4 Januari 2010, sebagai yang tertinggi di dunia. Burj Khalifa, begitu namanya, seolah menjadi puncak dari kemajuan peradaban, ekonomi dan teknologi di dataran Uni Emirat Arab yang dinilai mampu mengubah pasir menjadi emas. Sebuah perumpamaan untuk negeri kaya minyak itu.

Teropong Burj Khalifa Lebih Dekat
Tidak tanggung-tanggung, menara ini dirancang untuk mengalahkan semuanya. Baik desain arsitektur, interior, fungsi hingga ketinggiannya sengaja dibuat untuk menjadi yang terbaik di dunia. Bayangkan saja, tinggi Burj Khalifa sama dengan tiga kali menara Eifel.  Praktis sejak Burj Khalifa berdiri, menara Eifel turun pamor.
Burj Khalifa View
Rekor-rekor yang dimiliki Burj Khalifa juga terbilang mentereng. Bila ada tempat tinggal tertinggi bagi manusia saat ini, itu adalah Burj Khalifa. Bila ada tempat observasi outdoor tertinggi di dunia, itu adalah Burj Khalifa. Bayangkan saja betapa luasnya jangkauan obeservasi dari atas menara ini bila bangunan ini dapat dilihat dari jarak 95 kilometer. Eit bukan itu saja. Bila ada lift yang turun-naik dengan lintasan terpanjang di dunia, maka itu juga adalah Burj Khalifa. Jumlah lift yang ada di menara ini adalah 54 lift berkecepatan 60 kilometer. Pun, bila ada bangunan dengan konsep berstruktur bebas tanpa penyangga tertinggi di dunia, lagi-lagi, itu adalah Burj Khalifa. Sebelumnya, bangunan tertinggi berstruktur bebas dipegang oleh CN Tower di Toronto USA.
Desain bangunan tertinggi di dunia ini terinspirasi dari bentuk bunga Hymenocallis yang ada di Yunani. Menariknya, Burj Khalifa dirancang bukan oleh perusahaan Arab, melainkan oleh perusahaan Korea Selatan. Nama perusahaan itu adalah Samsung Engineering and Consturction, perusahaan yang seinduk dengan produsen produk teknologi informasi. Dari segi substansi bahan bangunan, beton penyusun Burj Khalifa memiliki bobot setara dengan 100 ribu gajah dewasa. Jumlah baja yang menopang struktur bangunan ini setara jumlahnya dengan baja lima pesawat Airbus 380.  Jumlah pekerja untuk menyelesaikan menara dengan luas lantai dasar 334 ribu meter persegi ini tidak kurang dari 12000 orang.
Menara ini dilengkapi fasilitas pendingin ruangan yang setara dengan 10 ribu ton es setiap harinya. Hal ini tidak lah mengherankan, mengingat Kota Dubai terkenal sangat panas. Menara tertinggi di dunia ini memiliki 360 ribu bohlam dengan kapasitas 100 watt. Dengan kapasitas konstruksi seperti itu, tentunya biaya pembangunan menara ini juga tidak main-main. Biaya keseluruhannya mencapai 1,5 miliar dollar Amerika.
Dubai
Nama menara ini pada awalnya adalah Burj Dubai. Namun akhirnya diganti dengan Burj Khalifa. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati penguasa Abu Dhabi yang dianggap sebagai penyelamat Dubai dari kebangkrutan pada 2009. Ya, dari bunga Hymenolois hingga simbol selamat dari kebangkrutan. Itulah dia, Burj Khalifa!

Admin : Iberline

» Thanks for reading: Burj Khalifa Dubai: Bunga Hymenicallis Di Tanah Arab