Latest News and Artikel

Sekapur sirih : Masjid As syifa RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta

Pembangunan Masjid Asy Syifa RSUP Dr Sardjito,Yogyakarta
Gagasan mendirikan Rumah Sakit Umum dan Pendidikan pada satu lokasi guna pendidikan calon dokter dan dokter ahli serta untuk pengembangan penelitian, pertama kali dicetuskan oleh Prof. Dr. Sardjito pada tahun 1954, dan  karena dirasakan pula adanya kebutuhan mendesak perlunya Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) guna mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta Jawa Tengah Bagian Selatan.
Perjuangan tersebut baru berhasil tahun anggaran 1970/1971 menggunakan biaya dari Departemen Kesehatan RI dengan lokasi di Pingit, sayangnya setelah ditinjau oleh Departemen Kesehatan RI dianggap tidak memadai. Setelah pembicaraan lebih lanjut maka pembangunan RSUP dipindahkan  ke daerah Sekip dengan nama RSUP Dr. Sardjito. Penggunaan nama tersebut adalah untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa Prof. Dr. Sardjito.
RS Dr. Sardjito merupakan rujukan tertinggi  untuk daerah DIY dan Jawa Tengah bagian Selatan. Rujukan yang diberikan adalah rujukan pelayanan medis, rujukan pengetahuan maupun ketrampilan medis dan non medis. Dengan didukung oleh tenaga medis yang berkualitas serta tersedianya peralatan yang canggih serta penanganan medis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi kedokteran, maka RS Dr. Sardjito  selalu berusaha  memberikan pelayanan rujukan yang prima.
Dalam kegiatan rujukan ini, RS Dr. Sardjito bersifat pro aktif mengikuti perkembangan dan menjalin hubungan kerja dengan rumah sakti di DIY, luar DIY maupun luar negeri dan juga dengan FK UGM maupun instansi pelayanan kesehatan dan pendidikan dalam dan luar negeri.
Manusia merencanakan Tuhan yang menentukan, tentunya kita semua sepakat dengan pepatah tersebut, sehebat apapun para dokter mereka hanya kepanjangan tangan Tuhan dalam memberikan kesembuhan, oleh karena itu disamping terus melakukan pengembangan alat-alat kesehatan pihak managemen rumah sakit juga menyediakan fasilitas peribadatan yang memadai bagi siapapun yang berada di lingkungan rumah sakit.Salah satunya adalah pembangunan masjid Asy Syifa.Bangunan masjid dua lantai  didirikan menyatu dalam komplek rumah sakit memungkinkan orang lebih dekat untuk menjangkau. Selain sebagai sarana ibadah, masjid ini sering kali juga digunakan sebagai tempat untuk sejenak istirahat oleh keluarga pasien,dan untuk kesekian kali PT Mustaka Multi Tehnik mendapat kepercayaan sebagai konstruktor kubah untuk digunakan di masjid ini
Project Pembangunan Masjid Asy Syifa

Semua fasilitas dan apapun yang telah dan sedang dijalankan oleh pihak RSUP tentu muaranya adalah pemberian pelayanan terbaik bagi siapapun yang memanfaatkan keberadaan RSUP Dr Sardjito, sebagaimana  cita-cita luhur sejak awal pendiriannya 

Diolah dari berbagai sumber
Admin Mustaka (iberlina)

» Thanks for reading: Sekapur sirih : Masjid As syifa RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta