Latest News and Artikel

Uniknya Masjid Merah, Masjid Jamie Alfar Kolombo



Masjid Merah dengan belang putih yang satu ini bukan dibangun di Indonesia. Adapun masjid dengan warna unik tersebut berdiri di kota tua Kolombo, Sri Lanka. Merupakan sebuah masjid tua yang lebih dikenal dengan nama Masjid Jamiul Alfar. Di Kolombo, masjid tersebut juga menjadi ikon pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan terutama kaum muslim dunia.

Seperti masjid kebanyakan, masjid di Kolombo ini memiliki menara. Adapun jumlah menara yang dimiliki Masjid Jamiul Alfar tepat ada 14 buah. Diketahui 2 buah menara dibangun dengan ukuran sedang, sementara sisanya menara dibangun dengan ukuran kecil. Di setiap sudut bagian atap masjid dilengkapi pengeras suara untuk mengumandangkan adzan.

Bangunan masjid secara keseluruhan mampu menampung kurang lebih sebanyak 5000 jamaah. Dengan ukurannya yang besar itu pula Masjid Jamiul Alfar menjadi masjid tertua sekaligus masjid terbesar di Kolombo, Sri Lanka. Adapun untuk dana pembangunan masjid diketahui berasal dari dana umat muslim setempat.

Arsitektur Masjid Merah

Kepopuleran Masjid Jamiul Alfar menggaung sampai mancanegara. Tidak heran bila Masjid Jamiul Alfar kemudian tampil sebagai landmark kota Kolombo pasca usai dibangun. Masjid unik ini diketahui dibangun tahun 1908. Pembangunan masjid berlangsung selama 2 tahun. Rancangan masjid dibuat oleh HI Saibo Lebbe dengan ciri khas dekor atau ornamen dinding belang merah dan putih. Warna belang merah dan putih tersebut terlihat menghiasi bagian luar bangunan masjid. Sedangkan bagian dalam masjid didominasi warna hijau toska. Bila dibandingkan warna merah terlihat lebih mendominasi dibanding warna putih. Hal inilah yang membuat Masjid Jamiul Alfar juga dikenal dengan nama Rathu Palliya atau Samman Jottu Palli yang semuanya memiliki makna Masjid Merah.

Warna belang pada dinding masjid nyatanya tidak menghilangkan nilai spiritual. Malah warna merah yang mencolok sukses menjadi daya tarik. Arsitektur yang diusung pun menyuguhkan kekayaan budaya islam yang berpadu apik dengan megahnya bangunan kastil ala Inggris. Letak Masjid Jamiul Alfar memang tepat berjejer dengan pertokoan. Pertokoan yang dimaksud adalah pertokoan muslim. Meskipun berada di pusat pertokoan nyatanya Masjid Jamiul Alfar tidak tenggelam. Desain arstiktur dan warna masjid yang mencolok membuatnya terlihat unik. Sehingga Masjid Jamiul Alfar terlihat tampil beda dan menyedot perhatian.

Bukan hanya warnanya saja yang unik, tetapi bentuk masjid juga menarik. Bentuk Masjid Jamiul Alfar begitu mirip seperti istana gula. Warna merah berlapis putih sekilas juga terlihat seperti kue lapis. Sebenarnya pengaruh arsitek India begitu ketara pada masjid tertua ini. Hal ini terlihat dari adanya sentuhan dinasti Mughal dan kastil Inggris. Seperti masjid kebanyakan, Masjid Jamiul Alfar atau Masjid Merah digunakan untuk sholat lima waktu dan juga sholat Jumat. 


Admin : KNA

» Thanks for reading: Uniknya Masjid Merah, Masjid Jamie Alfar Kolombo
Next
This is the most recent post.
Posting Lama